Jelang Rakernas IWAPI, KADIN Siap Kolaborasi Dengan DPD IWAPI Jatim

Ibu Reny Widya Lestari, Bpk. Jamhadi, dan Ibu Rahmawati


POLIPRENEUR.com - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (rakernas) ke-29. Kota Surabaya terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara yang akan dilaksanakan mulai 9 hingga September 2019.

Kurang lebih undangan yang akan hadir pada rakernas IWAPI 2019 ini mencapai 2.000 pengurus dan anggota IWAPI dari berbagai daerah. Demi suksesnya acara tersebut, sejumlah persiapan dilakukan panitia dan pengurus.

Selain persiapan internal, eksternal juga dilakukan dengan kolaborasi bersama organisasi lainnya, termasuk bersama Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Kota Surabaya.

Guna mematangkan itu, pada Senin (29/7/2019), ibu Reny Widya Lestari (Ketua IWAPI Kota Surabaya) dan Ibu Rahmawati (Ketua IWAPI Jawa Timur) bersilaturahmi dengan Dr Ir Jamhadi, MBA, selaku Ketua KADIN Surabaya sekaligus Direktur PT Tata Bumi Raya. Pertemuan berlangsung di ruang rapat PT Tata Bumi Raya.

"Pertemuan berlangsung membahas kolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kota Surabaya melalui dunia usaha. Karena bisnis itu butuh kolaborasi, yakni kolaborasi ABCG atau yang dikenal akademisi, bisnis, komunitas, dan pemerintah," ujar Jamhadi.

Dalam kolaborasi ini, digagas pentingnya perda (peraturan daerah) ekonomi kreatif, baik di Kota Surabaya maupun kabupaten dan kota lainnya di Jawa Timur.

"Dan komunal branding harus segera diterapkan untuk mendukung terciptanya UKM industri," lanjut Jamhadi, yang jadi Ketua Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) Untag 45 Surabaya ini.

Keberadaan perda ekonomi kreatif dan komunal branding tersebut dinilai oleh Jamhadi jika diterapkan di kabupaten atau kota di Jawa Timur akan mengurangi barang impor dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, ekspor juga bisa meningkat lantaran bisa mengolah bahan lokal menjadi produk yang berkualitas. (*)

Source : Polipreneur Newsroom