Usianya Masih 13 Tahun, Tapi Alina Morse Bisa Bikin Bisnis 87 Miliar Rupiah

Alina Morse


POLIPRENEUR.com - Sukses dalam berbisnis itu tak memandang usia. Contoh nyata ialah Alina Morse, Chief Executive Officer (CEO) Zollipops.

Usia Alina Morse baru 13 tahun. Meski begitu, skala bisnis yang dibangun sudah membukukan omset hingga 6 juta dollar AS.

Usia Alina Morse masih terbilang belia. Jika di Indonesia, usia 13 tahun biasanya baru kelas 1 SMP.

Memang, untuk membangun bisnis Zollipops tak semuda diucapkan dalam kalimat. Proses yang membuat Alina banyak belajar sehingga bisnis Zollipops berkembang dengan pesat.

Zollipops ialah brand permen. Alina mulai belajar bikin permen sejak umur 9 tahun. Itu setelah berbulan-bulan dia bikin eksperimen membuat permen di dapur mamanya.

Darimana keahliannya? Dari YouTube. Keren banget. Anak ini nonton YouTube untuk mengamati berbagai upaya untuk buat permen.

Dia nonton YouTube untuk sesuatu yang produktif. Jiwa usahanya terpacu ketika Alina di umur 7 tahun capek dimarahin orangtuanya. Orangtuanya berulangkali memarahi Alina karena terlalu banyak makan permen.

Berkali-kali Mamanya berkata, “tidak. Jangan makan permen lagi”.  Alina kemudian berupaya untuk membuat permen yang sehat bagi gigi. Permen tanpa gula.

Ketika permen itu tidak merusak gigi, maka dia yakin para orangtua tidak lagi melarang anak-anak untuk makan permen. Tapi, ya itu tidak mudah. Dia harus eksperimen berulang kali tadi. Bahkan, ratusan kali ujicoba. 

Kini, perusahaan Zollipops bernilai 6 juta dollar AS atau setara Rp 87 miliar. Dia sukses karena permen-permennya bisa masuk toko ritel di US. Whole Foods, misalnya. 

Alina memang beruntung. Dia punya tekad kuat tapi keluarganya juga mendukung.

Di awal Zollipops berdiri, tabungan keluarganya digunakan untuk mendanai bisnisnya. Tak hanya itu, orangtua Alina juga menjadi pegawai Zollipops.

Tapi ya sejauh ini pegawai Zollipops tak sampai 10 orang. Gimana produksi lainnya?

Mereka outsourcing atau bekerja sama dengan pihak lain. Perusahaannya langsing tetapi menghasilkan. Kini, Zollipops kian digemari anak-anak tanpa rasa takut merusak gigi karena tanpa gula. (*)

Source : Polipreneur Newsroom

Berita Terkait