GMDM Gresik Sambangi SMPN 1 Gresik

Tabita sedang menjelaskan bahaya narkoba dan narkolema di hadapan ratusan siswa SMPN 1 Gresik


POLIPRENEUR.com - Hampir seribu siswa siswi berkumpul di halaman SMPN 1 Gresik, pada Jumat pagi (12/4/2019). Mereka bukan sedang olahraga atau upacara, melainkan mengikuti kegiatan Generasi Zero Narcotics atau dikenal dengan istilah Gen Zero Narcotics.

Program ini diinisiasi oleh Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Gresik, yang salah satu kegiatannya ialah sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan narkolema (narkoba lewat mata).

Kenapa harus Gen Z? Menurut Ketua GMDM Gresik, Hariyono, Gen Z merupakan generasi yang rentan sekali terhadap penyalahgunaan narkoba selain generasi millenial.

Mereka mudah dipengaruhi oleh pengedar narkoba, yang mencari mangsa baru. Selain itu, mudahnya akses internet jika tidak bijak akan berdampak buruk terhadap Gen Z.

Generasi Z adalah orang-orang yang lahir di generasi internet—generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet. Rentang usia yang digolongkan dalam Gen Z adalah anak-anak yang lahir dari tahun 1995 hingga tahun 2014. 

Sementara Gen X atau generasi millenial adalah kelompok manusia yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997.

"Dengan usia yang masih labil dan pencarian jati diri itu, Gen Z jadi target pasar pengedar narkoba karena mudah dipengaruhi. Itu kenapa kami membuat program Gen Zero Narkotics dan menyasar siswa SMA/SMK dan SMP atau MTS termasuk SMPN 1 Gresik ini, karena kami ingin membentengi mereka dari pengedar dan penyalahgunaan narkoba," ujar Hariyono.

Dalam sosialisasi itu, hadir sejumlah pengurus GMDM Gresik didampingi pengurus GMDM Jawa Timur, termasuk diantaranya pula ialah Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin.

Dalam kesempatan pagi yang cerah itu, Mahin memberikan pengarahan pada siswa-siswi SMPN 1 Gresik untuk bisa menyikapi peran dan fungsi HP (handphone) sebagai fungsi percepatan informasi diambil sisi positifnya.

"Karena kalau kita tidak bijak menggunakan HP akan tersesat dengan pengaruh negatif atau informasi hoax," ujar Mahin melalui sambutannya.

Usai sambutan Mahin, dilanjut dengan paparan tentang bahaya narkolema yang disampaikan Abraham Budi Prasetyo dan Tabita. Setelah itu, paparan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang disampaikan Siswanto (Sekretaris GMDM Jawa Timur) dilanjut oleh pengurus GMDM Gresik.

Tampak hadir beberapa pengurus GMDM Gresik antara lain Leonard Domingo (Dewan Penasehat DPK GMDM Gresik), Iwan (Sekretaris), Kasmadi (Wakil Ketua), Bambang Harianto (Pengurus), Rasid (anggota GMDM Jawa Timur), serta sejumlah pengurus lainnya.

Penyerahan piagam oleh Hariyono kapada Kepala SMPN 1 Gresik.

Acara diakhiri dengan penyerahan piagam Gen Zero Narcotics yang diserahkan Hariyono kepada Kepala SMPN 1 Gresik disaksikan Mahin dan pengurus GMDM serta seluruh siswa SMPN 1 Gresik. (*)

Penulis : Iwan