Shopee Bersama Kemenperin Dukung IKM Go Digital

Shopee, e-commerce


POLIPRENEUR.com – Shopee, e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, bermitra dengan Kementerian Perindustrian, untuk mendukung Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam melalui Program e-Smart IKM 2019.

Sejak kerjasama dengan Shopee di tahun 2017, program e-smart IKM bertujuan untuk mendorong pertumbuhan IKM melalui e-commerce, dan Shopee telah berhasil mendukung lebih dari 1.500 IKM dalam menjalankan digital sejauh ini. Tahun ini, dalam kegiatan e-Smart IKM 2019 dengan tema "IKM Go Digital", Shopee akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk membantu IKM membangun pengetahuan digital dan keahlian mereka untuk mengembangkan bisnis mereka secara online.

Diadakan pada tanggal 29 Maret, Shopee berpartisipasi dalam program e-Smart IKM 2019 yang akan menampilkan kegiatan sehari penuh mulai dari workshop, talkshow dan pameran dari perusahaan di berbagai industri seperti marketplace, logistik, perbankan, pembayaran, dan masih banyak lagi.

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia mengatakan, “Dalam program e-Smart IKM, Kemenperin turut menjalin kerjasama dengan Shopee melalui program edukasi Kampus Shopee guna mendidik IKM dalam meningkatkan daya saing, produktivitas, serta memperluas akses pasar IKM melalui pemasaran online. Saya percaya dengan adanya kolaborasi ini, para IKM binaan kami dapat lebih memahami cara pemasaran via online sehingga nantinya kita dapat bersama-sama meningkatkan percepatan industri digital ekonomi di Indonesia.”

“Pemanfaatan platform e-commerce dalam pengembangan Industri Kecil dan Menengah bersama Kemenperin merupakan salah satu agenda prioritas kami. Lebih dari 1.500 IKM telah ‘go digital’ melalui program kerjasama program e-Smart IKM bersama Shopee. Di tahun 2018, lebih dari 20 kota di Indonesia pun telah teredukasi melalui sesi kelas edukasi Shopee bersama Kementerian Perindustrian. Tak hanya dari sisi edukasi, Shopee juga turut memberdayakan IKM dan produk lokal melalui kanal pemasaran Kreasi Nusantara”, sambut Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee.

Sejalan dengan mendukung pertumbuhan IKM melalui e-commerce, Shopee baru-baru ini mengumumkan peluncuran program ekspor pertamanya, Kreasi Nusantara dari Lokal ke Global.

Platform berdedikasi yang menampilkan produk-produk dari UKM buatan sendiri, Kreasi Nusantara telah berkembang pesat dan sekarang menampilkan sekitar 25.000 produk lokal, sementara pesanan telah meningkat lebih dari 8 kali sejak diluncurkan. Melalui Kreasi Nusantara dari Lokal ke Global, UKM Indonesia dapat memanfaatkan potensi besar produk lokal dengan menjualnya di negara - negara tempat Shopee beroperasi.(*)

Source : Polipreneur Newsroom