Lewat Dekan Cup FK Unair 2019, BEM FK Unair Cegah Narkoba

Fachry Arba, As’ad Naufal, dan Narendra, Kepala Sub Divisi Acara Opening.


POLIPRENEUR.com – Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) KM Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) Surabaya akan menyelenggarakan “Dekan Cup FK UNAIR” 2019. Dekan Cup FK Unair 2019 ini merupakan lari pagi dengan konsep fun run dengan mengusung tema “Drug Abuse: Alternating Euphoria”.

Dikatakan Ihsan Fachry Arba selaku ketua pelaksana Dekan Cup FK UNAIR 2019, bahwa pelaksanaan Dekan Cup FK Unair 2019 ini didasari dengan atas banyaknya penyalahgunaan narkoba remaja yang menjadi perhatian serius dari sebelumnya. Sekitar 450.000 orang meninggal akibat penggunaan narkoba pada tahun 2015, menurut WHO. Dari kematian itu, 167.750 secara langsung dikaitkan dengan gangguan penggunaan narkoba (terutama overdosis).

“Dengan tema ini, pelari tidak hanya mengikuti kegiataan lari marathon, tetapi mereka diajak pula untuk mengetahui dampak dari penyalahgunaan narkoba di pos-pos yang sudah ditentukan nantinya,” kata Ihsan Fachry melalui press conference di Ruang Kuliah Anatomi FK Unair Surabaya, Senin 4 Maret 2019.

Nantinya, di setiap pos akan menunjukkan para talent man atau seseorang yang memperagakan langkah-langkah keadaan seseorang jika terkena penyalahgunaan narkoba dan bagaimana menghindari kecanduan obat tersebut. Tidak hanya itu, para pelari dimeriahkan acaranya dengan bubuk warna-warni untuk meningkatkan euforia dari AIRUN. 

Lari sejauh 6 km yang menghidupkan akhir pekan warga Surabaya ini, dibuka dengan sambutan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dan perwakilan dari Rektorat Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Ratusan peserta lari, datang dari kalangan pelajar SMP dan SMA, komunitas lari, mahasiswa, dokter, sivitas akademika FK Unair, dan masyarakat Surabaya yang menggemari acara lari.

As’ad Naufal selaku ketua divisi acara Dekan Cup FK UNAIR 2019, menambahkan, opening Dekan Cup 2019 sendiri mempunyai 3 acara utama yaitu; Fun run, showcase, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Opening Ceremony AIRUN akan  dimulai dengan pemotongan pita oleh Prof. Dr. Soetojo dr., Sp. U(K) selaku Dekan FK UNAIR sebagai simbolis pembukaan Dekan Cup 2019 dengan tagline-nya “Alternating Euphoria!”.

Lari kali ini mengajak masyarakat menempuh rute dengan starting point di Kampus A Universitas Airlangga, kemudian ke arah Kampus B Universitas Airlangga, Grand City Mall, Balai Kota Surabaya, dan finishing point kembali ke Kampus A Universitas Airlangga.

Para pendaftar akan mendapatkan barang-barang seperti jersey race, bib, tas serut, dan juga medali. Bagi pelari yang tidak menang tetap akan membawa pulang medali all-finisher dan bagi para pemenang lari, akan ada total hadiah hampir 10 juta rupiah. Podium untuk juara wanita dan pria terpisah sehingga total akan ada 6 pemenang.

Kegiatan yang diadakan oleh BEM KM FK UNAIR ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk belajar tentang tema yang ada, tetapi juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta lari maupun masyarakat sekitar.

Telah dilakukannya kerja sama dengan beberapa departemen dari Rumah Sakir Umum Daerah Dr. Soetomo dan Laboratorium Klinik Prodia. Jenis-jenis pemeriksaan kesehatannya termasuk spirometri, rapid tes untuk gula darah, kolestrol, dan asam urat, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Bekerja sama juga dengan prodi Batra untuk melakukan pemijatan gratis.

Selain itu, terdapat Bazaar dengan berbagai kuliner terkini dalam food festival yang akan memuaskan lidah masyarakat. Opening Dekan Cup FK UNAIR 2019 ini juga akan diisi dengan panggung hiburan yang akan menampilkan bakat-bakat dari mahasiswa dan mahasiswi FK UNAIR seperti penampilan band-band internal, flashmob dan berbagai penampilan lainnya.

Pelari juga tidak perlu khawatir akan kelelahan, karena terdapat water station yang sudah disiapkan dengan beberapa tim medis yang berjaga di daerah tertentu. Tersedia pula photobooth serta dekorasi yang tidak kalah menarik yang bisa dipakai untuk berfoto bersama sekaligus memperlihatkan keramaian dan keseruan AIRUN. Semua fasilitas ini disediakan dengan masyarakat cukup merogoh saku sebesar 150 ribu rupiah.

“Jadi pelari tidak perlu lagi membeli tiket masuk ke Bazaar, karena sudah termasuk biaya pendaftarannya, dan begitupun juga bagi para nonpelari. Tambahan, open gate AIRUN dimulai sejak pukul 05.30, sedangkan bagi para pengunjung Bazaar, Bazaarnya dibuka pukul 08.00,” tambah Narendra, Kepala Sub Divisi Acara Opening. (*)

 Penulis : Junaidi