Kisah Penjual Permen Keliling yang Jadi Miliarder

Elon Musk


POLIPRENEUR.com - Tak ada yang tahu perubahan nasib seseorang kecuali Tuhan. Begitu pun nasib dari seorang Elon Musk.

Setelah berjuang lebih dari 20 tahun terakhir, salah satu miliarder terkaya di dunia, Elon Musk kini telah berhasil meluncurkan berbagai perusahaan besar. Beberapa diantaranya adalah PayPal, Tesla dan SpaceX. 

Kesuksesannya tentu saja tidak dibangun dalam waktu singkat. Musk bahkan telah memulai bisnisnya sejak usia anak-anak, saat dia memutuskan untuk berjualan permen keliling. 

Melansir laman CNBC, Jumat (26/12/2018), sejak usia anak-anak, Musk telah mencoba membuat roket rumahan, membuat kode video game sendiri dan bertahan dari kesulitan yang dia alami di rumah. 

Berikut lima fakta menarik mengenai bakat bisnis Elon Musk yang telah dia tunjukkan sejak masih anak-anak: 

1. Berjualan permen keliling  Saat masih tinggal di Pretoria, Musk, kakaknya Kimbal dan sepupunya berkeliling ke perumahan orang kaya di ibukota Afrika Selatan. Di sana mereka menjual coklat dan permen dari rumah ke rumah.  Saat itu mereka mendapat keuntungan hingga 20 kali lipat dari modal awal mereka.

Dia merasa sangat berbakat dalam membujuk para orang kaya untuk membelikan permen bagi anak-anak mereka. 

2. Pernah kena bully 

Sebagai yang termuda dengan postur tubuh paling kecil, Musk pernah dianiaya sekelompok teman sekolahnya. Dia dipukuli hingga harus dilarikah ke rumah sakit. 

Aksi aniaya tersebut terus berlangsung hingga dia berusia 15 tahun. Itu lantaran dia belajar karate dan judo. Ia lantas membalas seluruh perbuatan temannya. 

3. Orangtua pernah berpikir Musk tuli 

Musk sangat tertutup saat masih anak-anak sehingga orangtuanya berpikir ia tuli. Namun setelah diperiksa dokter, sang ibu tahu bahwa Musk hanya sering melamun soal penemuannya.  Menurut sang ibu, Musk seperti berada di dunia lain dalam pikirannya

4. Mampu membuat bahan peledak dan roket  Saat kedua orangtua pergi, Musk selalu berada di bawah pengawasan asisten rumah tangga. Itu agar Musk tidak merusak apapun di dalam rumah.

Pasalnya, Musk pernah membuat bahan peledak kecil dan senang merancang roket. Semua itu tentu berbahaya bagi Musk yang masih kecil

5. Hidup dengan USD 1 per hari  Di usia 17 tahun, Musk pertama kali pindah ke Amerika Serikat. Musk bertahan hidup hanya dengan USD 1 per hari untuk membeli makanan dari supermarket. CEO Tesla dan Space X, Elon Musk, melalui tahun 2018 dengan berbagai kejutan, kontroversi, dan sensasi.

Menjelang akhir tahun, justru kontroversi dan sensasinya sedikit lebih banyak ditebar miliarder ini. Kejutan yang diberikan Elon Musk adalah penerbangan mobil Tesla menuju Mars memakai roket Falcon Heavy dari SpaceX.

Aksi itu menarik perhatian seluruh dunia, bahkan Presiden Donald Trump turut memberikan apresiasinya.

Namun, miliarder yang hobi main Twitter ini sempat menuai sensasi karena merokok ganja ketika diwawancara radio. Yang paling serius terjadi Oktober lalu ketika ia mencuit akan menjadikan Tesla sebagai perusahaan tertutup dan dananya pun sudah siap.

Akibatnya, sang miliarder dicecar oleh otoritas bursa AS dan terpaksa membayar denda sebesar USD 20 juta atau Rp 291 miliar (USD 1 = Rp 14.552) atas tuduhan menyesatkan investor.

Ia pun harus kehilangan jabatan sebagai pemimpin jajaran direksi di Tesla dan digantikan Robyn Denholm, meski Musk tetap menjabat sebagai CEO.

Untungnya, beragam isu tidak mengalihkan perhatian Elon dari perusahaannya. Terbukti saham Tesla dan Space X sama-sama naik tahun ini. Produksi obil Tesla Model 3 yang lebih terjangkau juga berhasil on the track.

Berdasarkan data Forbes, Kekayaan Elon Musk bertambah USD 2,8 miliar atau setara Rp 40,7 triliun. Ia berada di peringkat 10 di daftar miliarder paling untuk di 2018.

Yang tak kalah menarik, tahun ini sang miliarder membeberkan kecintaannya pada anime berkat film Kimi No Nawa (atau Your Name) besutan Makoto Shinkai.

Dalam perbincangannya dengan seorang penggemar, "Elon-chan" bahkan mengutarakan minatnya membangun robot mecha.

Saat ini, kekayaan Elon mencapai USD 22,5 miliar (Rp 32,7 triliun). Ia adalah orang terkaya nomor 35 di dunia. (*)

Source : CNBC

Berita Terkait